top of page

Terobosan HIMKI ke China untuk Meningkatkan Daya Saing Global


himki ke china

Ketua Umum Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), Abdul Sobur memimpin delegasi HIMKI untuk mewujudkan kerjasama dengan sejumlah produsen permesinan Industri woodworking dan hardware berteknologi canggih asal China. Delegasi HIMKI melakukan pertemuan dan kerjasama dengan berbagai asosiasi industri disana yang berpengalaman, seperti CNMFA (China National Forestry Machinery Association) di The Holiday Inn Shunde, Lunjiao, Shunde District, Foshan City, China.


Abdul Sobur dan delegasi HIMKI bertemu dengan Sekretaris Jenderal CNMFA Wei Jian; dengan Leliu dari Shunde Hardware Association; dan dengan Lunjiao Woodworking Machinery. Ketiga pertemuan dilakukan secara maraton dalam kunjungan kali ini.


Di hari pertama, delegasi HIMKI bertemu Sekretaris Jenderal CNMFA Wei Jian membahas garis-garis besar untuk mengelola kayu dan hasil hutan. Atas undangan penyelengara pameran, dua puluh satu orang delegasi HIMKI berkunjungan ke pameran 23rd China Shunde (Lunjiao) International Woodworking Machinery and Furniture Raw and Auxiliary Material Expo pada 9 Desember 2023.


Pameran bertema "Coordinated development, Create and New Chapter" menampilkan kayu solid, panel, pintu, jendela dan beragam intelligent flexible automatic production lines of woodworking machinery. Juga berbagai bahan penolong dan asesoris produk furnitur. Pameran ini berlangsung dari 9-12 Desember 2023.


Delegasi juga bertemu dengan China National Forestry Machinery Association (CNFMA) untuk kerjasama bidang industri pengelolaan hasil hutan, dari hulu ke hilir melalui manajemen dan teknologi China yang telah berpengalaman. Salah satu implementasinya adalah kerjasama Pameran Permesinan dan Asesoris "Surabaya Wood and Forestry" yang akan digelar pada Mei 2025 di Surabaya, Jawa Timur. Ini menindak lanjuti MoU antara HIMKI dan CNMFA yang ditanda tangani pada 20 September 2023 di Jakarta.


China berpengalaman panjang dan unggul dalam mengelola hasil hutan dari hulu ke hilir. Mulai dari penebangan, pengolahan kayu hingga produk jadi, termasuk furnitur dan dekorasi rumah. China merupakan eksportir furnitur terbesar dunia, dengan nilai ekspor diatas USD70 milyar sekalipun tidak memiliki kayu sebanyak Indonesia.


Pada 10 Desember 2023, Delegasi bertemu dengan Shunde Hardware Association untuk kerjasama penyediaan hardware dan asesoris bagi keperluan industri anggota HIMKI. Ini menindak lanjuti pertemuan sebelumnya pada tahun 2016 yang menyepakati kerjasama namun tertunda implementasinya akibat wabah Covid-19.


Delegasi HIMKI juga bertemu Lunjiao Woodworking Machinery Association untuk mengajak anggota asosiasi ikut berpameran dalam pameran Surabaya tahun depan. HIMKI mengundang ketiga asosiasi datang ke Indonesia melakukan observasi dalam rangka pemetaan potensi permintaan permesinan dan peralatan produksi industri pengolahan kayu serta kebutuhan hardware di Indonesia. (WNID/eM)

31 tampilan0 komentar

Commentaires


bottom of page