top of page

Ikut Pameran Inabuyer, HIMKI Dukung Penggunaan Produk Dalam Negeri

foto

Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) menegaskan komitmennya mendukung penggunaan produk dalam negeri dan meningkatkan efisiensi dalam pengadaan barang/jasa pemerintah dengan berpartisipasi dalam Pameran Inabuyer B2B2G Expo 2024.


“Pameran ini sangat bagus sebab dapat membuka peluang untuk pengadaan barang/jasa pemerintah dimana para UKM dapat mengakses melalui e-katalog. Ini peluang untuk teman-teman UKM untuk bisa mendapatkan pengadaan barang/jasa pemerintah,” kata Heru Prasetyo, Wakil Ketua Umum HIMKI Bidang Organisasi dan Hubungan Antar Lembaga di sela-sela usai pembukaan pameran dan menerima tamu di Stand HIMKI di Lantai Dasar Gedung Smesco, Jakarta, Rabu (15/05/2024)


Pameran Inabuyer B2B2G Expo 2024 secara resmi dibuka hari ini oleh Ketua Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa/LKPP, Hendrar Prihadi, Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga;,Wakil Menteri Pertahanan, Muhammad Herindra, Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM, Hanung Harimba Rachman dan Ketua Umum HIPPINDO, Budihardjo Iduansjah.


Acara ini digelar untuk mendukung program Belanja di Indonesia Aja, Beli Buatan Indonesia, Bangga Buatan Indonesia dan Kampanye Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) – Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).”


“Kami berharap, para eksportir mendapatkan buyer untuk bisa memproduksi dan menjual ke luar negeri atau ekspor. Nah, tantangannya adalah apakah pameran bisa mendatangkan buyer seperti yang kita harapkan,” paparnya.


Menurut Heru, kalaupun buyernya untuk kebutuhan dalam negeri, dalam hal ini untuk kebutuhan pemerintah itu juga bagus, sebab instansi pemerintah mempunyai anggaran yang besar untuk tahun ini.


Dijelaskan, dengan dukungan dari berbagai asosiasi seperti HIMKI, AMSC, AISMOLI, PHRI, APGAI, WALI, HIPPINDO sendiri dan lainnya, Inabuyer B2B2G Expo 2024 diharapkan dapat menjadi landasan bagi pergerakan yang lebih besar dalam mendukung penggunaan produk dalam negeri, memperkuat Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), serta meningkatkan partisipasi dalam kampanye Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) – Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).


Sekretaris Jenderal HIMKI Maskur Zainuri menegaskan tentang komitmen HIMKI untuk mendukung penggunaan produk dalam negeri dan meningkatkan efisiensi dalam pengadaan barang/jasa pemerintah. Dengan adanya pameran ini, diharapkan dapat menciptakan sinergi yang lebih baik antara sektor publik dan swasta dalam mendukung ekonomi Indonesia.


Menurut Maskur, pameran Inabuyer B2B2G Expo 2024 menjadi ajang bagi industri mebel dan kerajinan Indonesia untuk lebih dikenal di pasar domestik maupun internasional. Diharapkan dengan Inabuyer ini produk kami bisa dibeli oleh para buyer dari pemerintah, swasta, dan luar negeri.


Inabuyer B2B2G Expo 2024 juga diharapkan menjadi momentum penting dalam memperkuat kolaborasi antara sektor pemerintah dan swasta, serta memperkuat ekosistem bisnis lokal untuk mencapai tujuan bersama dalam membangun Indonesia yang lebih mandiri dan berdaya saing.


Mengingat pentingnya acara ini, selain dengan Kemenkop dan UKM dan Kemenperin, HIPPINDO juga berkolaborasi dengan Kemendikbudristek untuk mengintegrasikan pendidikan vokasi dengan kebutuhan industri, melalui pelatihan dan pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan industri, program ini akan membantu menciptakan tenaga kerja yang siap terjun ke industri ritel dan bersaing di pasar global.


“Sehingga nantinya SDM kita juga bisa go global dan membantu pembukaan gerai-gerai kita di luar negeri. Ini adalah langkah yang signifikan menuju visi Indonesia sebagai pusat perdagangan regional dan global,” jelas Maskur.


Inabuyer merupakan event pertama di Indonesia yang memfasilitasi para buyer untuk dapat duduk dan menunggu kedatangan supplier. Inisiatif ini memungkinkan para offtaker (buyer) dapat mempersingkat waktu proses pengadaan dalam menemukan produsen atau supplier lokal yang berkualitas. Bersamaan dengan itu, para supplier mendapatkan banyak peluang peningkatan penjualan, dengan bertemu buyer dari sektor swasta dan pemerintahan baik dari lokal maupun internasional.


Buyung N

9 tampilan0 komentar

Commenti


bottom of page