top of page

Ketua Presidium HIMKI Berbagi Kesuksesan Bisnisnya di Seminar “UMKM Go Global"


Seminar UMKM Go Global

Jakarta - Abdul Sobur, Ketua Presidium HIMKI yang juga owner dari PT. Global Kriya Nusantara berbagi pengalaman dengan para pelaku UMKM seluruh Indonesia pada sesi pertama Seminar “UMKM Go Global Success Stories, Peluang, dan Tantangan” yang diselenggarakan pada 15 Agustus 2023 di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea Cukai, Jl. A. Yani Bypass, Jakarta Timur.


Sebagai pelaku industri di sektor seni dan kerajinan, Sobur menceritakan pengalamannya menghadapi berbagai tantangan, hingga berhasil mengembangkan bisnis dan berhasil untuk menembus pasar internasional. Diceritakan bagaimana perusahaan PT. Global Kriya Nusantara berhasil mengembangkan produk-produk kreatif dan unik dengan kualitas yang baik, serta strategi pemasaran yang efektif untuk memasuki pasar global.


Acara seminar "UMKM Go Global" merupakan kegiatan yang di inisiasi oleh Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemenlu RI) dan Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) yang dalam acara hari ini diwakili oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, sebagai langkah nyata dalam mendukung UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) untuk meraih kesuksesan di pasar global dan mendukung diplomasi ekonomi.


Acara "UMKM Go Global" bertujuan untuk memberikan dorongan kepada UMKM agar lebih siap dalam melakukan ekspor, mandiri, dan berkelanjutan. Dalam seminar ini, dibahas berbagai topik mengenai cerita kesuksesan pengusaha UMKM yang telah ekspor, peluang, dan tantangan yang dihadapi UMKM dalam memasuki pasar global.


Pada sesi kedua dibahas tentang “Pemberdayaan UMKM Hijau dan Peningkatan Akses Pembiayaan”. Pada sesi ini Dr. Widyastutik, Direktur Eksekutif International Trade Analysis and Policy Studies (ITAPS) dari Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB membahas tentang pentingnya mendorong UMKM untuk mengadopsi prinsip bisnis yang ramah lingkungan dalam rangka meningkatkan daya saing global.


Yunita Resmi Sari, Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen dari Bank Indonesia membahas mengenai upaya pemerintah dalam memperluas akses pembiayaan bagi UMKM agar mampu bersaing di pasar global. Diskusi pada sesi kedua ini sangat bermanfaat bagi para peserta yang tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang bagaimana UMKM dapat beradaptasi dengan perkembangan pasar global.


Selain narasumber- narasumber di atas, beberapa Duta Besar RI dari berbagai negara juga memberikan perspektif mereka tentang peluang pasar UMKM di wilayah kerja kedutaan masing-masing serta kebutuhan peningkatan daya saing bagi UMKM berorientasi ekspor melalui akses pembiayaan yang difasilitasi oleh pemerintah. Perwakilan dari kedutaan besar Indonesia yang hadir berasal dari wilayah kerja Timur Tengah, Tiongkok, Eropa, Inggris, dan Australia. BIM/MSJ

84 tampilan0 komentar

Yorumlar


bottom of page