top of page

HIMKI Berharap Pergerakan Pasar Ekspor pada Semester II


Jakarta, 10 Juli 2023/Indonesia Media – Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) masih berharap ada pergerakan pasar terutama di Amerika, Eropa pada semester II (kedua) mengingat ekspor Indonesia drop sampai sekitar 30 persen pada semester I (pertama). “Semester kedua, tepatnya Juli 2023, kami berharap mulai ada pergerakan (pasar) signifikan untuk menutupi kondisi semester pertama yang jeblok (terperosok),” Sekretaris Jenderal HIMKI Heru Prasetyo mengatakan kepada Redaksi.

Pembelian importir di Amerika dan Eropah per semester I hanya 1-2 container saja. tapi volume ekspor 1-2 container belum sampai pada pergerakan signifikan pasar. Data resmi BPS (biro pusat statistik) dan pemerintah juga belum menerbitkan data resmi perdagangan mebel, kerajinan dan furniture Indonesia. Analisa internalnya, HIMKI sudah punya estimasi mengenai kondisi pasar faktual pasar Amerika dan Eropah. “Belum ada order (ekspor) baru untuk importir di Eropah dan Amerika. Bahkan sempat (order) di pending. Hal ini juga dialami industri besar teman-teman (anggota HIMKI),” kata Heru Prasetyo melalui sambungan telpon.

Upaya menutupi celah defisit perdagangan, HIMKI sudah mulai garap emerging market terutama Dubai (Uni Emirat Arab/UAE) dan India. Selain, HIMKI juga berharap Pemerintah punya crash program pengadaan furniture di dalam negeri. Sekarang ini, upaya Pemerintah menerapkan E-Katalog dan TKDN (tingkat komponen dalam negeri) sudah mulai kelihatan. “Program pemerintah (E-katalog, TKDN) sudah sangat ada hasilnya, tapi belum tepat sasaran pada UKM (usaha kecil menengah). Masih banyak pemain besar yang bermain, dan mengalahkan teman-teman yang usahanya skala kecil. kapasitas UKM tidak bisa seperti industri skala besar. Sertifikasi juga masih mahal,” kata Heru Prasetyo.

Prospek pasar mebel, kerajinan Indonesia tidak lepas dari kebutuhan manusia pada kehidupan berkeluarga termasuk pasangan muda. Mereka beli furniture, mebel sambil disesuaikan dengan desain interior, termasuk konsep interior minimalis yang masih menjadi trend. Pasar mebel, kerajinan Indonesia drop sebagai dampak invasi Rusia ke Ukraina. Selain, hutang Amerika yang sempat menggunung. Pasar Timur Tengah, terutama Qatar, Dubai masih sangat terbuka. HIMKI sempat fasilitasi para anggotanya untuk ikut pameran di China, India. Walaupun China juga produsen mebel dan kerajinan terbesar. China produksi mebel dengan bahan baku sintetis dan alami (kayu, rotan, bambu). “Kami bekerja keras agar demand pasar terus tumbuh. sebagian besar pangsa pasar diambil China. Dua negara, China dan India berpenduduk terbesar di dunia, strategi HIMKI. Penetrasi pasar dengan pameran, fasilitasi kunjungan delegasi perdagangan luar negeri ke Indonesia. Kami ikut pameran di China dan berbagai negara lain. HIMKI kan juga sudah pada level produsen dunia,” kata Heru Prasetyo. (sl/IM)


Sumber : indonesiamedia.com

13 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page