top of page

6 Kelebihan Menggunakan Furnitur Rotan


Jakarta: Setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda untuk furnitur yang akan mereka gunakan di luar ruangan. Namun, furnitur berbahan rotan menjadi salah satu pilihan yang menjadi tren dan populer di dunia dekorasi. Rotan ini terbuat dari tanaman rambat rotan yang dijalin menjadi satu, yang digunakan untuk membuat furnitur dengan beragam bentuk. Rotan memiliki jenis yang berbeda-beda yaitu yang alami dan sintetis. Rotan banyak dipilih serbagai dekorasi rumah karena memberikan kesan alami pada ruangan. Selain itu, rotan juga memberikan tampilan yang nyaman namun tetap estetika. Jika Anda ingin menggunakan rotan, tetapi masih ragu untuk memilihnya. Berikut ini kelebihan menggunakan rotan sebagai furnitur dan dekorasi di rumah Anda.


Alasan memilih furnitur rotan


1. Rotan itu stylish

Furnitur rotan sangat populer terutama karena tampilannya yang bisa memadukan gaya country minimalis maupun minimalis modern dengan sempurna. Selain itu, desain dari rotan ini dapat dengan mudah menambahkan sentuhan elegan ke taman atau ruang luar mana pun. Furnitur rotan ini juga hadir dalam berbagai warna, mulai dari abu-abu, cokelat, dan hitam sehingga Anda dapat menemukan satu set furnitur yang cocok dengan dekorasi taman Anda lainnya.


2. Rotan itu kuat

Rotan terkenal kuat dan tahan lama, namun kualitas rotan sintetis akan bergantung pada jenis bahan yang digunakan dan di mana Anda membelinya. Rotan sintetis yang lebih murah biasanya tidak tahan lama jika dibandingkan dengan rotan dari merek yang memiliki kualitas.


3. Rotan itu ringan

Furnitur rotan ini memiliki bobot yang ringan dan tidak seberat furnitur kayu, sehingga lebih mudah untuk dipindahkan dan Anda pun dapat dengan mudah mendekorasi taman Anda. Perlu diingat, meskipun rotan lebih ringan, bukan berarti rotan lebih lemah dari furnitur kayu yang keras.


4. Cocok untuk penggunaan luar dan dalam

Tidak hanya digunakan sebagai furnitur luar ruangan, furnitur rotan juga sering digunakan sebagai dekorasi dalam ruangan untuk menghadirkan tampilan yang lebih kontemporer. Dengan serat rotan yang menambah kesan nyaman dan kasual, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk mengubah tampilan luar ruangan, bahkan disaat cuaca tidak secerah yang Anda harapkan.


5. Rotan ramah lingkungan

Rotan alam memiliki banyak manfaat ramah lingkungan karena merupakan bahan alami sehingga dapat terurai secara hayati juga ringan, dan hal ini juga berarti rotan memiliki jejak karbon yang lebih kecil saat mengirimkannya dari negara asalnya di Asia Tenggara ke bagian lain dunia. Namun, hal yang dikhawatirkan yaitu jika terdapat permintaan furnitur semacam ini terlalu banyak, maka hal ini dapat menyebabkan overfarming. Selain rotan alami, rotan PE juga dapat didaur ulang karena merupakan resin termoplastik yang dapat dilebur dan dibentuk kembali menjadi bentuk yang berbeda.


6. Tahan lama

Rotan sintetis memiliki ketahanan lebih terhadap cuaca sehingga rotan jenis ini lebih tahan lama jika dibandingkan dengan rotan alam. Jika dirawat dengan baik, furnitur rotan mampu bertahan hingga 10 tahun. Selain tahan air, furnitur rotan dengan anyaman resin juga tahan terhadap sinar UV sehingga Anda tidak akan melihat pemudaran warna atau aus dalam cuaca yang lebih panas. Selain itu, HDPE rotan berkualitas sangat tinggi akan melindungi furnitur dari kerusakan es dan pertumbuhan lumut, yang berarti Anda juga tidak perlu membawanya selama bulan-bulan pada musim dingin. (Intan Trikana)

12 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page