top of page

Memanfaatkan Akar Jati Menjadi Produk Bernilai Jual Tinggi Sampai ke Luar Negeri


BOJONEGORO (SUARABARU.ID) – Kayu jati dikenal sebagai kayu yang kuat, tahan lama, dan tentunya mahal harganya. Kayu jati biasa dijadikan bahan pembuatan aneka jenis mebel dan konstruksi bangunan.


Tetapi selain menjadi bahan untuk pembuatan furniture dan bangunan, kayu jati juga sangat potensial untuk dijadikan bahan kerajinan. Bukan hanya batang kayunya, bahkan akar jati pun kini bernilai jual tinggi setelah diolah menjadi mebel atau produk lainnya.


Kerajinan kayu jati memang kerap menjadi daya tarik bagi mereka yang menyukai seni kayu. Terutama para kolektor, baik dari dalam maupun luar negeri.


Di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, banyak ditemukan adanya kerajinan kayu jati yang diproduksi oleh sejumlah pengrajin. Salah satunya milik Wati Setyo Budi.


Perempuan asal Bojonegoro ini sudah lama menekuni usaha kerajinan kayu jati dengan spesifikasi meja dan kursi akar yang diberi nama nama Akar Jaya.


Dalam usahanya tersebut, Wati memberdayakan masyarakat di sekitarnya untuk membuat kerajinan meja dan kursi akar yang berbahan kayu jati tersebut.


Karya kerajinan meja dan kursi akar berbahan kayu jati ini menjadi produk yang paling laris pada usaha yang digelutinya tersebut. Wati menyebutkan dalam satu bulan, dirinya mendapatkan pesanan antara 4-6 unit.


“Pemesanan dari Solo, Jepara, Semarang, Yogyakarta, Sukabumi, Bali, Jakarta dan masih dari beberapa wilayah lain di Indonesia yang memesan produk kami,” ujar Wati, Kamis, 13 April 2023.


Dalam perjalanannya, Wati menyebutkan penjualan kerajinan kayu jati untuk meja dan kursi akar ini dilakukan secara offline. “Banyak pembeli yang langsung datang ke showroom kami di Bojonegoro. Alhamdulilah, kami tidak harus memasarkan, karena buyer datang langsung ke tempat kami,” kata Wati Setyo Budi.


Pelanggan Luar Negeri


Perempuan yang dikenal mandiri dan pekerja keras ini juga menyebutkan, selain pembeli dari dalam negeri, dirinya juga sudah mendapatkan pelanggan tetap dari luar negeri.


“Kami juga ada pelanggan dari berbagai negara, seperti Belanda, Korea Selatan, Arab Saudi, Amerika, Belgia, dan mereka kebetulan sudah punya gudang tersendiri untuk kerajinan kayu jati buatan kami ini,” tambah Wati kepada Media Purwodadi.


Seperti diketahui, kerajinan kayu jati yang memang dikenal sebagai produk yang memiliki nilai jual tinggi. Wati menyebutkan, berbagai produk buatannya seperti mangkok, piring, meja, kursi dan hiasan dinding serta hiasan lainnya dijual mulai harga Rp25 ribu hingga Rp10 juta.


“Kalau untuk meja ukuran besar harganya bias mencapai ratusan juta rupiah,” ujar Wati.


Semua bahan yang dipergunakan untuk kerajinan produksinya ini merupakan kayu jati yang diperoleh dari berbagai wilayah di Jawa Timur.


“Tidak hanya dari Bojonegoro saja, tetapi dari beberapa wilayah lain di Jawa Timur, karena di wilayah ini banyak penghasil kayu jati,” tambah Wati.


Seluruh produk kerajinan kayu jati buatan Akar Jaya ini terlihat menarik karena dari struktur pembuatan hingga pengecatan pada kayu jati terlihat teliti dan rapi.


Selain itu, beberapa produk yang ditawarkan ini juga mempunyai desain yang bervariatif, yang berbeda dengan kerajinan-kerajinan kayu jati lainnya.


Meningkat Saat Pandemi


Wati menyebutkan, usahanya sempat meningkat saat pandemi covid-19. Banyak buyer, baik dari dalam maupun luar negeri yang memesan produknya di saat pandemi covid-19 antara 2020 hingga 2021 lalu.


“Untuk tahun kemarin (2022) dan tahun ini karena mungkin imbas adanya perang, jadi buyer tidak bisa datang semua, sehingga bisa dikatakan penjualan standar alias biasa aja. Meski demikian, kami mengucap Alhamdulilah, tetap bersyukur pada Allah,” ujar Wati.


Bagi Anda yang penasaran dengan produk kerajinan kayu jati buatan Wati Setyo Budi ini, Anda bisa mendatangi tempat usahanya langsung di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.


Usaha Dagang Akar Jaya yang dikelola Wati Setyo Budi ini berada di Dusun Piji, Desa Sumberjo, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro.


Tya Wiedya

4 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page