top of page

IFEX 2017: Usung Inovasi dan Kreativitas Industri Mebel


Jepara – Perhelatan Indonesia International Furniture Expo (IFEX) yang merupakan pameran mebel dan kerajinan B2B (business to business) terbesar di Indonesia dan kawasan regional akan digelar kembali pada 11-14 Maret 2017 di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran, Jakarta. Setelah menyambangi beberapa kota, roadshow IFEX kini mengunjungi Jepara, Selasa (23/8/2016). Roadshow ini dikemas sekaligus dalam pengukuhan pengurus DPD HIMKI Jepara Raya 2016-2020 di RM Maribu Jepara.

IFEX merupakan pameran yang diselenggarakan oleh Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) ini akan mengusung tema “The Essence of Infinite Innovation” yang dimaksudkan mengangkat pentingnya inovasi dan kreativitas dalam industri mebel dan kerajinan yang tiada henti, guna menghasilkan karya-karya kreatif dengan inspirasi budaya lokal serta dapat menyesuaikan selera pasar dalam maupun luar negeri.

Waketum Bidang Organisasi DPP HIMKI Abdul Sobur mengatakan, melalui tema ini, HIMKI ingin mendorong pelaku industri ini untuk terus meningkatkan inovasi dan kreativitas sehingga dapat menghasilkan produk-produk unggulan yang memiliki nilai tambah optimal dan dapat menjadi market leader di pasar global. Di sisi lain, akan terbangun citra positif di tingkat internasional bahwa Indonesia adalah negara penghasil produk mebel dan kerajinan terbaik di dunia.

Produk mebel dan kerajinan Indonesia, kata Sobur, sangat diminati dunia internasional salah satunya adalah yang berbahan baku rotan. Produk rotan Indonesia merupakan produk ramah lingkungan dan memiliki keunikan tersendiri yang dihasilkan oleh tangan-tangan terampil. “Produk mebel dan kerajinan berbahan baku rotan pernah menjadi produk mewah dan icon di kawasan Eropa, Amerika dan kawasan Asia-Afrika lainnya di mana masyarakat kelas menengah atas di sana cenderung mengisi rumahnya dengan mebel dan kerajinan berbahan natural rotan,” katanya.

Gelaran IFEX 2017 akan tetap bekerjasama dengan PT. Dyandra Promosindo, serta didukung oleh empat Kementerian yaitu Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, serta Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup.

Selain karya-karya yang ditampilkan para peserta, salah satu keunikan pada IFEX 2017 adalah hadirnya Hall of Excellence di Hall C yang merupakan hall pameran dengan perusahaan peserta pameran yang dikurasi. Hall ini menampilkan produk-produk berkualitas dan bernilai tambah tinggi. Hall of Excellence berisi perusahaan-perusahaan menengah besar dengan produk berkualitas terbaik, inovatif dengan desain terkini.

HIMKI optimis bahwa Indonesia dapat meningkatkan ekspor dalam mengisi pasar dunia, mengingat Indonesia mempunyai potensi hutan produksi yang cukup luas dan memiliki SDM yang melimpah, serta adanya sentra-sentra produksi mebel dan kerajinan yang tersebar di seluruh Indonesia. swarajepara.net

2 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page